Kamis, 27 Juli 2017

Jual penangkal petir Surabaya

Dalam pemilihan penangkal petir yang akan di pasang kami memberikan beberapa produk penangkal petir lokal maupun impor dengan kualitas terbaik dan original, antara lain :


1. Penangkal Petir Tombak
Penangkal petir ini merupakan air rod jenis penangkal petir konvensional, ada 2 tipe yaitu splitzen tombak dan trisula. Sistem kerjanya sama dengan radius proteksi sambaran 5 sampai 6 meter.

Penangkal petir tombak
Mempunyai bentuk seperti tombak, penangkal petir jenis ini merupakan air rod yang cukup familiar digunakan untuk bangunan tempat tinggal dan perusahaan.

Spesifikasi :
Tipe : 1” x 50 – 60 cm
Bahan : Tembaga Asli
Radius perlindungan : 5 Meter
Negara pembuat : Indonesia

2. Penangkal petir trisula
Didukung dengan empat tombak menjadikan air rod desain trisula ini sangat efektif dalam menangkap dan menghantarkan petir.

Spesifikasi :
Tipe : 1” x 50 – 60 cm
Bahan : Tembaga Asli
Radius perlindungan : 5 Meter
Negara pembuat : Indonesia
3. Kami menyediakan beberapa merk untuk kebutuhan sistem keamanan sambaran petir, salah satu produk yang kami tawarkan ialah head terminal penangkal petir Flash Vectron. Dapatkan harga termurah dengan melakukan pemesanan head terminal penangkal petir Flash Vectron untuk wilayah Surabaya dan Jawa Timur.

Flash vectron
Air Terminal Penangkal Petir Flash Vectron adalah alat penerima sambaran petir yang berbasis kerja ESE (Early Streamer Emission Lightning Conductor). Dengan sistim kerja mengumpulkan energi awan disaat ada awan energi melintas di area perlindungan, kemudian menjemput kilatan petir dengan mengeluarkan lidah api penuntun keudara (streamer), menangkap dan menyalurkan ke bumi. Meskipun seluruh terminal unit penangkal petir jenis elektrostatis berbasis kerja sama yaitu ESE (Early Streamer Emission Lightning Conductor), akan tetapi penangkal petir Flash Vectron di rancang khusus untuk digunakan didaerah yang beriklim tropis seperti di Indonesia.

Proteksi eksternal adalah instalasi dan alat-alat di luar suatu struktur bangunan untuk menangkap dan menghantarkan arus petir ke sistem pembumian (grounding). Dengan kata lain, proteksi eksternal berfungsi sebagai ujung tombak penangkap muatan listrik dan arus petir di areal yang telah dipasang sistem proteksi petir. Terminal Udara (Air Termination) adalah bagian sistem proteksi petir eksternal yang di khususkan untuk menangkap sambaran petir, berupa elektroda logam yang dipasang secara tegak maupun mendatar. Penangkap petir di tempatkan sedemikian rupa sehingga mampu menangkap semua sambaran petir tanpa mengenai bagian struktur yang dilindungi.
ESE Terminal adalah Head Unit yang di pasang pada bagian puncak tiang penangkal petir, ESE Terminal bekerja dengan mengeluarkan emisi “upward streamer” dari bumi, makin cepat early streamer di projeksikan ke atas maka akan makin cepat downward leader muatan listrik yang terdapat di dalam awan.

KEUNGGULAN PENANGKAL PETIR FLASH VECTRON :

Penangkal petir Flash Vectron merupakan penangkal petir elektrostatis berbasis kerja ESE yang di rancang khusus untuk daerah tropis seperti halnya di Indonesia. Ada 8 kelebihan Penangkal petir Flash Vectron, yaitu :
  • Lebih Estetik, di rancang oleh ilmuwan petir Indonesia dan Arsitek dari Jerman
  • Unit Terminal Kokoh, di rancang agar tidak ada rongga yang menyebabkan masuknya air hujan sebagai penyebab korosi
  • Bebas Perawatan, tidak ada Power Supply or Solar Cells, No Radio Aktif, discharge Current 150 kA
  • Lebih Praktis, di rancang agar mempermudah kita dalam hal pemasangan di lapangan
  • Bahan Baku Berkualitas, bahan dan material untuk memproduksi penangkal petir Flash Vectron adalah bahan dan material pilihan sesuai standar SNI dan IEC
  • Lebih Ekonomis, harga kompetitif (bersaing) bahkan jika di bandingkan dengan produk lain bisa lebih murah
  • Teknologi Terkini, di rancang khusus untuk daerah tropis yang cocok untuk di pasang di Indonesia
  • Produser Terpercaya, perusahaan yang memproduksi penangkal petir Flash Vectron adalah perusahaan lokal yang bekerja sama dengan perusahaan Jerman di dukung oleh Laboratorium Tegangan Tinggi HLI (Hamburg Laboratory Inc) dan GEC (Germany Electrotechnical Commission)

PERANGKAT PENANGKAL PETIR FLASH VECTRON :
  • Main Rod, adalah batang utama berbentuk runcing terbuat dari logam yang berfungsi sebagai penerima sambaran petir langsung, Pointy Spear ini memiliki kemampuan untuk menerima sambaran petir hingga 300 KA
  • Elektroda, perangkat ini memainkan peran yang sangat penting sebagai bilah pemicu untuk mengumpulkan cadangan energi awan dari luar, dan energi tersebut di manfaatkan untuk membangkitkan Early Streamer Emission Conductor. Bilah pemicu ini aktif bekerja dengan 2 system, pertama-tama menerima dan mengumpulkan energi awan dengan menggunakan system induksi serta sensor, sedangkan yang kedua menggunakan karbon inti mengumpulkan energi awan dari induksi awan tersebut.
  • Ion Generator, terdiri dari unit kapasitor, ion pembangkit, sensor petir. Ion Generator adalah perangkat kunci penangkal petir Flash Vectron.
  • Spear Shooter, bagian ini adalah konduktor di sisi atas untuk menembak ion ke udara.

4. Kami menyediakan head terminal penangkal petir Kurn dengan harga murah untuk area Surabaya dan Jawa Timur.

Penangkal petir Kurn
PT. KURN INDONESIA adalah pabrik pembuat original product alat penangkal petir KURN LIGHTNING PROTECTION SYSTEM buatan Indonesia yang telah bergerak sejak tahun 1994.

Mekanisme proses pembuatan alat penangkal petir ”KURN” ex. KURN INDONESIA menggunakan High Quality Control yang telah ditest laboratorium menggunakan sistem technology highvoltages generator impulse yang dieksperimenkan di pusat penelitian lab. PLN-LMK Jakarta, Indonesia.

Berdasarkan hasil test / uji coba laboratorium yang telah dilakukan terhadap prinsip kerja sistem elektrostatik pad alat penangkal petir ”KURN” ex. KURN INDONESIA telah memenuhi syarat dan akurat baik darisegi teknis maupun dari segi bentuk serta penempatan sparepart yang dapat berfungsi dengan sempurna di dalam proses pengembangan Ionisation electromagnetic system, maka dari pihak penelitian lab. PLN-LMK Jakarta, Indonesia menyatakan bahwa alat penangkal petir merk ”KURN” buatan KURN INDONESIA telah lulus uji coba dengan hasil test yang cukup baik dan dapat dibuktikan berdasarkan hasil riset secara tertulis di dalam isi surat lisensi kepemilikan Certificate of Original test ab.PLN-LMK no.321.LLI.006J.94 yang diberikan kepada PT. KURN INDONESIA.

HEAD TERMINAL PENANGKAL PETIR KURN SURABAYA

Product Specification
KURN Terminal merupakan alat penangkal petir yang di design untuk menciptakan medan ionisasi pada sekeliling area atau dalam istilah asing-nya disebut juga Ionizer Dissipation System.

Setiap pelepasan medan ionisasi ke awan akan dapat / mampu menimbulkan perbedaan potensial antara awan dan permukaan tanah ( bumi ), sehingga arus muatan pada tingkat yang paling rendah akan dapat mengalir secara terus menerus ke tanah melalui penghantar.

Pada aliran arus muatan yang tercipta secara terus menerus, memungkinkan terjadinya sambaran petir berkurang.
KURN Terminal mampu bekerja untuk menciptakan medan static terhadap perbedaan muatan melalui Corona effect yang keluar pada head terminal. Melalui pelepasan ion positive pada KURN Terminal mampu membentuk sudut perlindungan atau proteksi area yang cukup luas.

Perbedaan potensial antara awan dan bumi dapat menghasilkan arus muatan yang cukup besar terdapat pada KURN Terminal, sehingga pada saat tertentu akan terjadi daya tarik muatan terhadap muatan awan yang kemudian dikonsentrasikan pada titik sambaran Head Copper Terminal dan disalurkan melalui penghantar ke ground / bumi.

KURN LIGHTNING PROTECTION SYSTEM diciptakan atas dasar pengembangan Franklin Rod melalui riset yang panjang dan akurat.
Dari keseluruhan data – data penelitian yang didapat dan dipelajari ulang, maka dari hasil tersebut disempurnakan dengan sebaik – baiknya untuk mendapatkan hasil cipta yang benar – benar dapat dihandalkan.
Kesempurnaan hasil cipta itu sendiri dibagi menjadi 2 ( dua ) bagian yaitu :

- Kesempurnaan Design
mencakup kekuatan bahan
pengaturan dan penempatan spare part
secara visual memiliki daya tarik, dinilai dari segi estetika

- Kesempurnaan Ilmiah
mencakup keandalan sistem elektrostatik
memiliki objectivity protect yang cukup luas
menguasai detail specification, baik secara teori maupun praktek

OBJECTIVITAS

Instalasi dapat dilakukan pada object – object sebagai berikut :
Gedung – gedung perkantoran
Kawasan industri / pabrik – pabrik
Rumah tinggal
Gudang – gudang dynamit
Peralatan elektronik besar seperti parabola,antenna CB,radio pemancar dan siaran televisi

Special project Pada era sekarang ini telah direferensikan paket instalasi untuk Kawasan Lapangan Golf di seluruh Indonesia.

Kami menyediakan beberapa merk untuk kebutuhan sistem keamanan sambaran petir, salah satu produk yang kami tawarkan ialah head terminal penangkal petir Gent. Dapatkan harga termurah dengan melakukan pemesanan head terminal penangkal petir Gent untuk wilayah Surabaya dan Jawa Timur.

5. Penangkal petir Gent
Penangkal petir Gent merupakan penangkal petir ekset Gent konduktor yang baik terbuat dari bahan material piezoelectric sehingga dapat meminimalisir efek sambaran petir langsung. Lulus Uji sPLN-LMK dan BPTP LIPI dalam Uji Sela Karakteristik Sambaran Petir, merk terdaftar di Indonesia dan Swiss.

HEAD TERMINAL PENANGKAL PETIR GENT SURABAYA
HEAD TERMINAL PENANGKAL PETIR GENT
Bekerja berdasarkan Sistem ESE ( early streamer emission ) mengeluarkan streamer leader positif pada medan elektromagnetik yang kuat saat badai petir terjadi, menunggu dengan pasif kemudian memberikan peluang lebih besar untuk disambar dan disalurkan dengan aman.

Konduktor yang baik sehingga lebih minim menimbulkan efek kinetik,thermal, radiatif dari induksi petir yang terjadi akibat sambaran langsung, memiliki radius proteksi yang luas ( 150 meter pada titik permukaan tanah dengan instalasi pada ketinggian 20 meter ), hanya membutuhkan satu down conductor sehingga lebih estetis dan hemat.

Penangkal petir external Gent melindungi dari sambaran petir yang terjadi secara langsung, sehingga dapat mengamankan struktur bangunan anda.

Penangkal petir GENT mempunyai 3 Type Yaitu :

TP. 35 Radius Proteksi 35 Meter

TP. 60 Radius Proteksi 60 Meter

TP. 125 Radius Proteksi 125 Meter
Kami menyediakan head terminal penangkal petir Evo Franklin dengan harga murah untuk area Surabaya dan Jawa Timur.


6.Penangkal petir Evo Franklin

Penangkal petir Evo Franklin / Evo Franklin Lightning Protection adalah penangkal petir berteknologi modern dan canggih. Evo Franklin Lightning Protection memakai teknologi ESE (Early Streamer Emission). Kita ketahui bahwa ESE merupakan teknologi yang merupakan system proteksi petir yang dibangun oleh komponen sensor impuls elektrik, pengumpul energy listrik, batang penangkal petir, terminal pembangkit ion, dan pembangkat ion elektronik. Evo Franklin merupakn system penyalur petir dengan cara penembak ion yang menembakkan dalam jumlah yang besar ion-ion ke angkasa pada saat deteksi petir akan menyambar. Melepaskan sejumlah ion ke angkasa akan secara otomatis membangkitkan lintasan petir yang di kenal dengan sebutan “Upward Leader” yang lebih awal tersambar petir disbanding dengan titik dengan tinggi yang sama dekatnya, dan juga mengurangi waktu eksitasi dari efek Corona

Fungsi-Fungsi di Di Setiap Unit Evo Franklin Lightning Protection:

Penerima Sambaran
Ujung bulat dibuat karena dalam kasus ini ujung yang bulatlah yang sangat efektif dalam menarik sambaran petir secara tepat dan akurat.

Elektroda
Evo Franklin mempunyai Elektroda yang dimana alat ini berfungsi sebagai peran utama dalam mengumpulkan deposito dan cadangan energi sebagai sumber energi untuk membangkitkan Early Streamer Emission ( ESE ) System.

Smart Ion Generator
Mengumpulkan energi dari medan listrik yang ditarik oleh sirip penyebar, terdiri dari Unit kapasitor energi dan kebangkitan ion, sensoring dan perlindungan gedung.

Sirip Penyebar
Bagian ini merupakan konduktor untuk penerima dan menembak ion.



Konektor

Konektor yang dipunyai oleh Evo Franklin Lightning Protection lebih simple dari pada penangkal petir yang lain. Jadi sangat memudahkan dalam instalasi.

Untuk mengindikasikan akurasi dan kemampuan instalasi penangkal petir Evo Franklin adalah dengan kabel penghantar minimal harus 25 mm² dan di landasan maksimal 5 Ohm. Ujung penangkal petir Evo Franklin memiliki bentuk bulat, karena dalam kasus ini ujung yang bulatlah yang sangat efektif dalam menarik sambaran petir secara tepat dan akurat. Sedangkan kabel konduktor terbuat dari tembaga, fungsi kabel penyalur petir ini untuk mengalirkan energi listrik (sambaran petir) yang diterima dari air terminal ke tanah. Kabel yang dipasang di sekitar bangunan tidak akan merusak keindahan arsitekturnya serta kabel konduktor membuat penghuni rumah merasa nyaman dan aman dengan pemasangan penangkal petir

Kelebihan Evo Franklin Lightning Protection

Penangkal petir Evo Franklin™ merupakan penangkal petir elektrostatis berbasis kerja ESE yang di rancang khusus untuk intensitas sambaran petir tinggi dan daerah tropis layaknya negara-negara di Asia. Ada 10 kelebihan Penangkal petir Evo Franklin™ , yaitu :

Desain lebih modern, di rancang oleh ilmuwan petir Indonesia dan Internasional Designer
Di produksi menggunakan teknologi terkini
Bebas Perawatan, tidak ada Power Supply or Solar Cells, No Radio Aktif, discharge Current 300 kA
Lebih Praktis dalam implement instalasi di lapangan
Menggunakan unit material terbaik, bahan dan material untuk memproduksi penangkal petir Evo Franklin™ adalah bahan dan material pilihan sesuai standar SNI dan IEC
Lebih Ekonomis
Teknologi Terkini, di rancang khusus untuk intensitas sambaran petir tinggi dan daerah tropis layaknya negara-negara di Asia
Produser Terpercaya dan Berkualitas, di dukung oleh Laboratorium Tegangan Tinggi International Lightning Lab
Product tersebar luas di kota-kota besar Indonesia
Garansi produk 3 ( tiga) Tahun
Kami menyediakan beberapa merk untuk kebutuhan sistem keamanan sambaran petir, salah satu produk yang kami tawarkan ialah head terminal penangkal petir Eritech. Dapatkan harga termurah dengan melakukan pemesanan head terminal penangkal petir Eritech untuk wilayah Surabaya dan Jawa Timur.

7.Penangkal petir VIKING

Penangkal petir merupakan salah satu penangkal produksi lokal yang mampu bersaing dengan penangkal petir produk impor, hal ini di tunjukan dengan di terbitkannya sertifikasi kelayakan produk penangkal petir yang di dasari standarisasi dari laboratorium asal prancis dengan standar NFC 17-102.

Penangkal petir VIKING merupakan penangkal petir yang berbasis ESE ( Early Straimer Emission ) yaitu dengan mengupulkan ion dan menciptakan medan ionisasi pada sekeliling area atau istilah lainnya Ionizer Dissipation System lalu menyimpannya dan di lepaskan di saat yang tepat yaitu sebelum petir menyambar. Energi electronic tersebut di kumpulkan oleh sirip – sirip yang terdapat pada penangkal petir VIKING di simpan dalam electronic ion generator.

Keunggulan penangkal petir VIKING

Terbuat dari bahan yang kuat dan kokoh
Mempunyai daerah perlindungan yang luas
Merupakan produk penangkal petir lokal dengan nilai jual tertinggi
Praktis dan mudah dalam pemasangan ( instalasi )
Di design modern yang tidak mengurangi estetika bangunan
Telah mendapatkan sertifikasi dari standar NF C 17-102
Pilihan penangkal petir VIKING

Penangkal petir VIKING V.3 ( radius 90 meter )
Penangkal petir VIKING V.6 ( radius 120 Meter )


8.Penangkal petir Thomas

Buana Jaya Teknik – Penangkal Petir Surabaya merupakan distributor resmi penangkal petir Thomas, menyediakan unit penangkal petir Thomas termurah untuk wilayah Surabaya, Jawa Timur. Penangkal petir Thomas merupakan produk yang telah lulus uji kelayakan tersertifikasi, pada bidang industrial penangkal petir Thomas telah terdaftar pada Kemenperin ( Kementerian Perindustrian ) dan merupakan produk terdaftar melalui BUGNION SA ( Internasional ).

Penangkal petir Thomas merupakan penangkal petir eksternal yang memiliki konduktor yang sangat baik, sehingga dapat mengalirkan listrik dengan tingkat resiko yang terminimalisir dan arus listrik dari petir yang menyambar akan disalurkan kebawah tanah untuk dinetralkan.

PENANGKAL PETIR SURABAYA - THOMAS SURABAYA II

Penangkal petir Thomas bekerja dengan sistem ESE ( Early Streamer Emission ) dimana teknologi ini sudah diakui dan digunakan di negara- negara Eropa. Penangkal petir ini dipasang di bagian paling atas gedung dengan proteksi sistem kerja Elektrostatis yang berfungsi melindungi area gedung dengan radius berdasarkan rumus IEEE.

Tipe yang Tersedia :

Thomas Tipe 25

Radius Proteksi : 25 Meter

Thomas Tipe 60

Radius Proteksi : 60 Meter

Thomas Tipe 125

Radius Proteksi : 125 Meter

Garansi : 2 Tahun

Negara Pembuat : Indonesia



1.ERITECH Dynasphere System 3000
Head terminal penangkal petir ERITECH Dynasphere System 3000.
mempunyai fitur :
  • Radius Proteksi 100 Meter
  • Teknologi Non-radioaktif
  • Tidak ada daya eksternal diperlukan
  • Tidak ada bagian yang bergerak
  • Pemilihan ujung jari-jari dan variabelnya menyesuaikan kinerja yang optimal diketinggian instalasi penangkal petir
  • respon dinamis terhadap perayapan petir

HEAD TERMINAL PENANGKAL PETIR ERITECH SURABAYA

Pada fase terjadinya sambaran petir dinamis , kubah ERITECH Dynasphere otomatis akan naik melalui kopling kapasitif. Ketika tegangan petir cukup tinggi kinerja busur bekerja optimal dibuat di antara celah udara kubah dan batang penangkal petir.

Penangkal petir ERITECH Dynasphere memiliki dua kinerja:
  • Menghasilkan sejumlah elektron bebas besar yang diperlukan untuk menghalau sambaran petir
  • Head terminal penangkal petir yang melakukan pergerakan , Yang bekerja dengan tambahan energi yang mengkonversi sambaran petir kuat.

Kedua kinerja tersebut mengembangkan head terminal penangkal petir yang stabil untuk membantu menangkap sambaran petir.
Kami menyediakan beberapa merk untuk kebutuhan sistem keamanan sambaran petir, salah satu produk yang kami tawarkan ialah head terminal penangkal petir Guardian. Dapatkan harga termurah dengan melakukan pemesanan head terminal penangkal petir Guardian untuk wilayah Surabaya dan Jawa Timur.



2.Penangkal Petir Guardian
Penangkal Petir LPI GUARDIAN Negara Pembuat: Australia.

Head protector LPI GUARDIAN memiliki beberapa type yang berbeda

HEAD TERMINAL PENANGKAL PETIR GUARDIAN SURABAYA
HEAD TERMINAL PENANGKAL PETIR GUARDIAN
Yaitu :
  • Type LPI CAT 1 : Radius Proteksi 80 Meter
  • Type LPI CAT 2 : Radius Proteksi 100 Meter
  • Type LPI CAT 3 : Radius Proteksi 120 Meter

Kami menyediakan beberapa merk untuk kebutuhan sistem keamanan sambaran petir, salah satu produk yang kami tawarkan ialah head terminal penangkal petir Stormaster. Dapatkan harga termurah dengan melakukan pemesanan head terminal penangkal petir Stormaster untuk wilayah Surabaya dan Jawa Timur.


3.Penangkal Petir Stormaster
Produk LPI Stormaster telah lulus uji standar NF C 17 – 102 ( Prancis ). LPI Stormaster ESE ( Early Streamer Emission ) sistem head terminal yang aman dan efisien untuk melindungi fasilitas Anda dari sambaran petir langsung. Terminal LPI Stormaster ESE menangkap energi petir pada titik sambaran utama.

HEAD TERMINAL PENANGKAL PETIR STORMASTER SURABAYA
Bagaimana LPI Stormaster ESE bekerja? LPI Stormaster ESE terminal udara menggunakan medan listrik yang terjadi secara alami untuk melengkapi rilis tepat waktu dari pita ke atas. Proses ini memberikan metode yang aman dan efisien mengendalikan energi petir yang berbahaya pada titik sambaran utama .

Keterangan:
  • LPI Stromaster ESE 15 : Radius proteksi 70 Meter
  • LPI Stromaster ESE 35 : Radius proteksi 90 Meter
  • LPI Stormaster ESE 50 : Radius Proteksi 100 Meter
  • LPI Stormaster ESE 60 : Radius Proteksi 120 Meter


4. Penangkal petir PREVECTRON

Penangkal petir prevectron merupakan penangkal petir produk impor yang berasal dari Prancis yang terveritifikasi internasional dan French standar, especially the NF C 17-102 ( 2011 ) dan UNE21 186:2011 standar yang memepunyai spesifikasi :

Early Streamer Emission ( ESE ) ( penangkal petir radius )
No power supply or solar cells ( tidak memerlukan daya eksternal )
Non radio aktif
Mempunyai banyak pilihan type radius perlindungan
Dapat di aplikasikan di semua cuaca
Disain kokoh dan sangat handal


Penangkal petir Prevectron memepunyai beberapa type dengan radius di antaranya :

TS 2.25 ( radius perlindungan 52 meter )
TS 3.40 ( radius perlindungan 67 meter )
S 3.40 ( radius perlindungan 80 meter )
S 4.50 ( radius perlindungan 100 meter )
S 6.60 ( radius perlindungan 120 meter )

tag,
Penangkal petir Surabaya, penangkal petir sidoarjo, penangkal petir malang, penangkal petir gresik, penangkal petir pasuruan, penangkal petir mojokerto, penangkal petir bali, penangkal petir Lombok, penangkal petir mataram, penangkal petir papua, penangkal petir kupang, penangkal petir Maluku, penangkal petir poso, penangkal petir palu, penangkal petir makasar, penangkal petir gorontalo, penangkal petir Banjarmasin, penangkal petir samarinda, penangkal petir pontianak, penangkal petir tanjung selor , penangkal petir kutai kertanegara, penangkal petir aceh, penangkal petir medan, penangkal petir Bengkulu, penangkal petir riau, penangkal petir Palembang, penangkal petir lampung, penangkal petir banten, penangkal petir bogor, penangkal petir bandung, penangkal petir Jakarta, penangkal petir depok, penangkal petir bandung, penangkal petir semarang, penangkal petir solo, penangkal petir jogja, penangkal petir cilacap


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jasa Pasang Penangkal Petir Surabaya

Penangkal Petir Surabaya Penangkal Petir Surabaya bergerak dalam bidang mengerjakan penangkal petir skala bangunan personal, perusahaan...